Beberapa Istilah Pada Komputer



Enggak di saat sekolah, enggak juga saat bekerja, Ilmu baru itu pasti datang dari mana saja. kaya kaksol, hampir 1 tahun setengah Kerja di bidang IT jadi tau Beberapa Istilah Pada Komputer nih, Kalau harus kuliah butuh BIAYA berapa banyak yah,,, hahaha ^_^

Buat kamu-kamu yang belum tau, nih kaksol sharing disini. cekidot...!!!





1. Adapter
Kad rangkaian atau kad interface dalam komputer PC yang dapat digunakan sebagai penghubung ke alat periferal.

2. AGP
AGP (Accelerated Graphics Port) Pengertian : Sebuah bus grafik berkecepatan tinggi yang secara langsung menghubungkan kartu grafis dengan memori utama. AGP beroperasi independen dan terpisah dengan PCI bus dan umumnya berjalan pada 66mhz yaitu dua kali
kecepatan PCI yang berjalan pada 33mhz. AGP lx melakukan satu kali transfer per siklus kerja untuk melakukan transfer data maksimum 266 MB per detik. AGP 2x melakukan dua kali transfer data per satu siklus kerja yaitu 533 MB per detik sedangkan AGP 4x melakukan empat kali transfer per satu siklus kerja yaitu 1,06 GB per detik. Sedangkan kecepatan transfer data maksimum pada PCI sendiri adalah 132 MB per detik.

3. Algorithm
Secara umum, sebarang kumpulan instruksi yang dapat dilaksanakan untuk suatu tugas khusus. Pada bidang komputer dapat secara eksplisit disendi menjadi kumpulan instruksi dalam bahasa komputer yang memanipulasi suatu jenis data.

4. Arc
Extensi/Sambungan suatu nama fail yang dikompres dengan memakai program ARC lainnya untuk menjimatkan ruang.

5. Batch
Sekelompok dokumen atau record data yang diproses sebagai satu kesatuan.

6. Batch Processing
Berlangsungnya batch fail pada mikro komputer dan suatu simpanan 'batch' instruksi(pentunjuk) sistem operasi yang dilaksanakan satu demi satu tanpa interupsi(gangguan) pengguna.

7. Benchmark
Jenis pengujian untuk mengukur taraf kerja hardware atau software.

8. BIOS

BIOS (Basic Input Output System) Pengertian : 1. Bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk memboot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. 2. Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

9. Bit map
Suatu bit image, khususnya struktur data yang menyatakan bit image yang ada pada memori, yang mewakili suatu gambar yang akan ditampilkan pada layar.

10. Bit/ Binary Digit
Pada pemrosesan atau penyimpanan data, bit merupakan satuan informasi terkecil yang ditangani komputer dan secara fizikal diwakili oleh suatu aksara tunggal yang disalurkan ke media.

11. CAD/ Computer Aided Design

Istilah yang diaplikasikan untuk program-program yang digunakan dalam perancangan perekaan, arkitektur dan model-model ilmiah mulai dari alat-alat sederhana sampai gedung, kapal terbang dan lain-lain.

12. CAM/ Computer Aided Manufacturing
Istilah yang menjelaskan penggunaan komputer dalam manufaktur sebuah produk. Sebuah produk diselesaikan ke dalam satu kumpulan instruksi yang dapat ditransmisikan ke dan digunakan oleh mesin-mesin khusus untuk industri.

13. Cache Memory
Sebuah subsistem memori khusus ke tempat mana nilai-nilai data seringkali digunakan ganda untuk akses cepat. Cache memory menyimpan isi lokasi RAM yang sering diakses dan merupakan alamat penyimpanan item data. Atau dengan kata lain tempat penyimpanan sementara di memori komputer yang digunakan untuk menduplikasikan agar akses lebih cepat.

14. Card
Istilah umum yang digunakan untuk papan rangkaian tercetak (PCB) yang dapat dipasang di dalam komputer untuk menyediakan fungsi tambahan atau kemampuan baru.

15. Capture
Dalam komunikasi, proses pengiriman dan penerimaan data (grafik) ke dalam sebuah fail untuk digunakan lebih lanjut (pengarsipan atau analisis lebih lanjut).

16. CD-I
Kependekan dari compact disc-interactive, sebuah piawaian hardware dan software dalam bentuk CD (Compact Disc) yang dapat mengkombinasikan audio, video dan teks pada CD berkapasiti tinggi.

17. CDMA
CDMA (Code Division Multiple Access) Pengertian : Teknologi interface spread spectrum udara yang digunakan pada beberapa ponsel dan jaringan wireless lainnya.

18. Chip
Kepingan silikon yang sangat kecil dan menakjubkan, tempat memasang seluruh litar elektronik yang terpadu.
Computer Graphics Interface/ CGI
Piawaian peringkat lunak yang diterapkan pada peralatan grafik komputer, seperti printer dan plotter.

19. Complier
Sebarang program yang mengubah kumpulan simbol ke kumpulan lain dengan mengikuti sintaksis, atau sebuah program yang menerjemahkan seluruh kod sumber suatu program, yang ditulis dalam bahasa program tingkat tinggi ke dalam kod objek sebelum program dieksekusi.

20. Crash
Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program atau peripheral seperti penggerak disk, harddisk, dan sebagainya.

21. CRT/ Cathode Ray Tube
Merupakan asas atau nama teknik dari layar televisyen atau layar tampilan sebuah mikrokomputer.

22. Config.sys
Sebuah fail teks khusus yang mengendalikan aspek perilaku sistem operasi dalam komputer PC.

23. Universal Serial Bus/ USB
Kombinasi hardware, software dan kabel listrik yang menghasilkan suatu cara berkomunikasi antara semua bagian komputer yang berlainan secara universal, satu per satu.

24. Validasi
Pengujian untuk mengukur persesuaian dengan piawaian .


25. Visual Image
Deskripsi gambar yang disimpan dan dirakam dengan berbagai cara dan merupakan suatu salinan atau reproduksi yang diedit untuk sebuah citra di komputer.

26. Video Card
Card yang dapt mengubah data analog dari kamera, VCR, laser disc, maupun televisi menjadi data digital, sehingga dapat disimpan di harddisk. Selanjutnya data video diolah oleh komputer dan hasilnya dapat ditampilkan di layar komputer, pesawat TV, atau dirakam ke kaset video.

27. VGA/ Video Graphic Array
Merupakan video adapter yang diperkenalkan oleh IBM pada 1987, yang menduplikasikan sampel suatu variabel fisik, seperti suara. Makin tinggi samping rate atau makin banyak sampel diambil persatuan waktu, makin rapat hasil digitasi menyerupai aslinya.

28. Wavetable synthesizer
Sistem yang berdiri sendiri, membangkitkan suara digital yang bukan karena manipulasi alat fisik atau rekaman suara dan dapat menghasilkan suara yang realistis tanpa gangguan.

29. WORM/ Write Once, Read Many
Jenis disk optik yang dapat dan dibaca ulang tetapi tidak dapat diubah setelah dirakam dengan ruang penyimpanan kapasiti tinggi.

30. Worksheet
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan fail data yang dibentuk dan dipakai oleh dan dengan program lembar kerja elektronik. Contoh MS Excel

31. Xing MPEG Software
Program yang dapat memainkan aplikasi MPEG berupa filem-filem dalam media CD/ Video CD.

32. ZIP
Extensi/Sambungan ada nama fail yang mengindikasikan bahwa fail tersebut sudah dikompres oleh program PKZIP. Contoh motor.zip. Jenis Zip lain adalah RAR.



Sumber:

1.http://www.ilmukomputer.com

2.Kamus Istilah Informasi : Untuk Pelajar, Mahasiswa & Profesional 

Mau Dapet Duit ? Klik banner ini !

Translate This Blog